Teknologi Hasil Pertanian

Visi

Terwujudnya Sarjana Teknologi Pertanian yang profesional, berdaya saing dan unggul dalam bidang teknologi pengolahan hasil pertanian berbasis pengembangan potensi komoditi daerah di Sumatera Bagian Selatan tahun 2018.

 

Misi

  1. Melaksanakan program pembelajaran dalam bidang aplikasi teknologi dan manajemen untuk menghasilkan SDM yang terampil dan berjiwa wirausaha, khususnya di bidang pengolahan pasca panen hasil pertanian yang berbasis pada potensi komoditi daerah.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian di bidang pengolahan hasil-hasil pertanian serta menjadi wadah kemitraan untuk pengembangan agroindustri lokal.
  3. Meningkatkan kualitas manajemen dan pengembangan.
  4. Membangun kerjasama/kemitraan dengan pemerintah, perusahaan, lembaga-lembaga, dan semua pihak yang relevan dalam lingkup ilmu pertanian.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Teknologi (Teknik) Pertanian yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di bidang teknologi pengolahan hasil pertanian.
  2. Menjadi pusat pengembangan dan kemitraan di bidang teknologi pengolahan hasil-hasil pertanian terutama untuk komoditas yang berbasis pada potensi daerah Sumatera.
  3. Meningkatkan kemandirian, budaya kerja, sikap dan perilaku yang baik dan profesional sehingga peserta mampu mengelola seluruh sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien sehingga mampu memberikan nilai tambah atas pekerjaan yang dilakukannya.
  4. Meningkatkan kemampuan meneliti, menganalisis dan memecahkan masalah komunikasi secara ilmiah dipadukan dengan pengalaman empirik pada taraf kemampuan sikap dan keterampilan.

 

Sasaran Umum

  1. Peningkatan mutu sistem pendidikan;
  2. Peningkatan jenjang pendidikan dosen prodi;
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas masukan;
  4. Pengoptimalan kegiatan perkuliahan dan praktik;
  5. Peningkatan kualitas softskill mahasiswa dan Prodi Teknologi (Teknik) Pertanian;

 

Strategi Mencapai Sasaran

  1. Meningkatkan relevansi
  2. Meningkatkan atmosfer akademik
  3. Meningkatkan mutu manajemen
  4. Meningkatkan keberlanjutan
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas
  6. Meningkatkan akses dan pengakuan