Tujuan dan Sasaran

Tujuan

  1. Berjiwa Pancasila serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggungjawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan manusia.
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pertanian yang berkearifan lingkungan dan memiliki semangat kewirausahaan.
  4. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  bidang pertanian maupun masalah pertanian yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.
  5. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu pertanian sesuai bakatnya dan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
  6. Menjadi pusat pengembangan dan kemitraan di bidang pertanian terutama untuk komoditas yang berbasis pada potensi daerah Sumatera.

Sasaran

  1. Terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan profesional.
  2. Dihasilkannya lulusan sesuai dengan kebutuhan lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian, pemerintahan, industri dan instansi-instansi non pemerintah di tingkat regional dan nasional.
  3. Dihasilkannya lulusan yang mampu mentransformasikan keilmuan dan keahlian dalam dunia kerja.
  4. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kemampuan untuk menulis dan menyajikan gagasan secara sistematik.