Sen. Sep 30th, 2024

Sebagai upaya meningkatkan keberlanjutan dari usaha budidaya oleh Gapoktan Maju Bersama dengan komoditas nanas, mahasiswa Kelompok III program Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PMM) FP Unived melaksanakan kegiatan abdimas. Mengusung tema “Diversifikasi Olahan Nanas yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan”, mahasiswa memberikan pendampingan dalam pengolahan nanas menjadi asinan nanas, dan penggunaan kemasan yang

dapat digunakan kembali serta penggunaan kemasan alami. Keberlanjutan dari pengolahan nanas ini ditutup dengan pemanfaatan limbah sisa pengolahan menjadi Eco Enzym sehingga dapat kembali untuk kepentingan budidaya. Pemberdayaan masyarakat mahasiswa dilaksanakan di Desa Tanah Tinggi Kabupaten Bengkulu Utara dilakukan oleh 7 orang mahasiswa di bawah bimbingan 2 orang dosen pendamping, pada hari Sabtu, 17 Desember 2022.
Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan diversifikasi produk nanas melalui asinana nanas. Penggunaan kemasan yang ramah lingkungan dengan bahan alami untuk dodol nanas yang diproduksi oleh kelompok dan penggunaan kemasan kembali (reuse) untuk asinan nanas. Selain itu, pemanfaatan limbah sisa pengolahan menjadi Eco Enzym yang ramah lingkungan diharapakan dapat membantu budidaya nanas yang ramah lingkungan melalui penggunaan pupuk organik dan pestisida alami. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan anggota Gapoktan Maju Bersama sehingga mampu mengangkat perekonomian keluarga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *